ASSLAMUALAYKUM WELCOME TO MY BLOG INSYA ALLAH BERMANFAAT
KALAU PENGEN BACA, TERLEBIH DAHULU KLIK DI JDUL BCAAN/LINK POSTINAGAN/DI FULL READ:

Sabtu, 25 Juni 2011

DESKRIPSI QUR'AN HADIST

Deskripsi seputar isi Pada pelajaran ke 8 halaman pertama , termuat pokok bahasan tentang hadist ciri-ciri orang munafik, didalamnya terdapat pada bagian atas , yaitu: Standar kompetensi : Memahami arti hadist tentang ciri-ciri orang munafik Kompetensi dasar : Membaca hadist tentang ciri-ciri orang munafik Menerjemahkan hadist tentang ciri-ciri orang munafik Memahami isi kandungan hadist tentang ciri-ciri orang munafik Menunjukkan perilaku menjauhi cirri-ciri orang munafik Pada halaman bagian bawah pula terlihat gambar dalam suasana pembelajaran dimana seorang guru yang sedang memberi penjelasan kepada murid-muridnya tentang perbuatan yang di larang Allah Swt merupakan perbuatan tercela , seperti halnya perbuatan orang munafik. Pada halaman ke dua dijelaskan hadis tentang ciri-ciri orang munafik bahwasanya orang munafik disebut dengan musuh dalam selimut. Hal itu karena orang munafik adalah orang yang plin plan. Lain di mulut dan lain di hati, itulah munafik. Apa yang ia katakana lain dengan yang ia kerjakan atau tidak satunya antara perkataan dan perbuatan. Munafik merupakan akhlak tercela dan harus dijauhi oleh setiap muslim. Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW menyatakan bahwa ciri-ciri orang munafik ada tiga. Telah jelas dicantumkan hadis tentang ciri-ciri orang munafik. Pada bagian tengah halaman terdapat kalimat sa’bah atau kata-kata sulit. Pada bagian bawah halaman dua, terdapat beberapa mufradat (arti kata) dari terjemah hadis tersebut. Pada halaman ke tiga terdapat terjemahan hadis secara keseluruhan. Kemudian terdapat kandungan hadis tentang ciri-ciri orang munafik yaitu bahwa apabila orang munafik dalam perkataannya ia sering berdusta, orang munafik sering tidak menepati janjinya, dan apabila diberi kepercayaan ia berkhianat. Pada bagian bawah halaman, terdapat akhlak mahmudah (akhlak terpuji). Pada halaman ke empat terdapat Qissah Mu’assirah atau cerita bermakna yang menggambarkan tentang perbuatan anak yang berbuat terpuji dan tercela. Pada halaman ke lima terdapat mahfuzat (mutiara hikmah) dan juga wazifah (tugas) serta khulasah (rangkuman) tentang materi pelajaran. Kemudian pada halaman ke enam terdapat Lu’bah atau permainan berupa isian kotak-kotak tentang sifat terpuji dan sifat tercela. Pada bagian bawah tercantum juga Tamrinat atau latihan soal yang berisikan 20 soal objektif test dan 10 essay test. Pada halaman terakhir tercantum lembar portofolio yang bisa diisi oleh siswa, mengenai bagaimana cara menjauhi sifat-sifat munafik. Metode yang layak di gunakan dalam materi hadist tentang ciri-ciri orang munafik Ceramah Reading aloud Cerita Tanya jawab Langkah-langkah metode pembelajaran: Awal pembelajaran di gunakan metode ceramah untuk menjelaskan kepada siswa mengenai materi serta kandungan yang terdapat dalam hadist tentang ciri-ciri orang munafik , pada metode ceramah akan di berikan waktu 5/10 menit untuk menstimulus pemahaman siswa. Untuk melafalkan hadist tentang ciri-ciri orang munafik , kami menggunakan metode reading aloud (membaca dengan keras) yaitu guru melafalkan hadist dengan nyaring kemudian siswa mengikutinya bersama-sama. Kegiatan tersebut dilakukan berulang-ulang agar siswa menjadi mudah dan lancar dalam membacanya, dalam metode ini waktu yang di perlukan sekitar 10/15 menit karena guru dan siswa juga terlibat di dalamnya. Untuk memahami isi kandungan hadist tentang ciri-ciri orang munafik , di gunakan metode bercerita. Guru dapat menyampaikan cerita yang berkaitan dengan ciri-ciri orang munafik agar siswa nantinya mengetahui makna yang terkandung dalam hadist tersebut , waktu yang di perlukan 10 menit. Untuk menilai sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai materi hadis tentang ciri-ciri orang munafik dilakukan metode tanya jawab ,dengan memerlukan waktu sekitar 5/10 menit. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif, yaitu dalam bentuk objective test dan essay test. Pada evaluasi bentuk objective test , soalnya berupa pilihan ganda dengan jumlah 20 soal yang mencakup dari soal hadist munafik , pengertian munafik , ancaman bagi orang yang munafik serta lafal hadist ciri-ciri orang munafik. Kemudian pada bagian essay test gambaran soalnya juga memuat tentang pengertian munafik, ciri-ciri munafik , akibat munafik dan terjemahan dari hadist ciri-ciri orang munafik. Analisis isi Kelayakan isi Dalam pembelajaran yang ke delapan ini pembahasan hadist tentang ciri-ciri orang munafik sangat bagus karena pembahasan ini materi pokoknya juga terdapat pembahasan yang memberikan tambahan pemahaman tentang isi pokok tersebut seperti adanya penyajian tentang kalimat sa’bah, mufradatnya qissah mu’assirah dan mahfuzatnya , yang mana dengan semua ini tentunya akan memudahkan siswa untuk memahaminya. Kebahasaan Dari segi penulisan pada buku ini bagus karena sangat jelas bentuk tulisannya dengan kaidah bahasa Indonesia serta dalam penggunaan tanda baca maupun gambar-gambarnya juga mudah dipahami. Penyajian Dalam penyajiannya sudah bagus, kejelasan tujuan yang ingin di capai pada kompetensi dasar juga baik dan sudah tergambarkan pada materi pokok sajian. Unsur kegrafikan Pengunaan font , jenis dan ukuran dalam penulisan baik pada sub judul lebih besar sebagai penanda di tambah kolom yang memberikan perbedaan yang jelas pada setiap pokok pembahsan. Lembar Analisis Materi Cinta Al-Qur’an dan Hadits Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Penerbit 3 Serangkai Mengenai Hadist Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik No. Komponen Penilaian 5 4 3 2 1 Jumlah I. Kelayakan Isi Menganalisis kesesuaian dengan SK-KD Kesesuaian dengan perkembangan anak Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar Kebenaran substansi materi pelajaran Manfaat untuk penambahan wawasan Kesesuain dengan nilai-nilai moral & social x x x x x x 5 4 4 4 4 4 II. Kebahasaan Keterbacaan Kejelasan informasi Kesesuaian dengan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar Pemanfaatan bahasa secara efektif & efisien x x x x 5 4 4 4 III. Penyajian Kejelasan tujuan yang ingin dicapai Sistematis atau tidaknya urutan penyajiannya Pemberian motivasi atau daya tarik Interaksi Kelengkapan informasi x x x x x 4 4 4 4 4 IV. Kegrafisan Penggunaan font, jenis, dan ukuran Lay out atau tata letak Ilustrasi, gambar, atau foto Desain tampilan x x x x 4 4 5 4 79 Nilai Buku = (Skor Perolehan)/(Skor Maksimal)×Skala nilai (10-100) = 79/95×100 = 7900/95 = 83 (A) Berdasaran hasil analisis dari komponen yang telah ditetapkan dengan beberapa rincian di atas sebagai alat pengukuran, maka penilaian materi pelajaran Cinta Al-Qur’an dan Hadits Madrasah Ibtidaiyah mengenai hadist tentang ciri-ciri orang munafik adalah sangat baik dengan hasil pengukuran 83. Metode pilihan. Metode pilihan lain yang dapat digunakan dalam materi hadis tentang ciri-ciri orang munafik adalah metode simulasi dan diskusi. Pada metode simulasi, beberapa siswa diperintahkan untuk memainkan peran dengan cerita yang berkaitan dengan ciri-ciri orang munafik. Kemudian pada metode diskusi, seluruh siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk membahas tentang ciri-ciri orang munafik. Kedua metode tersebut bisa saja digunakan dalam materi ini, agar siswa memahami kandungan hadis ciri-ciri orang munafik. Namun, dalam materi ini, kami lebih menggunakan metode seperti ceramah, reading aloud, cerita, dan Tanya jawab karena menurut kami lebih efisien. Sedangkan penggunaan metode diskusi dan simulasi akan memerlukan waktu yang lama dalam penyampaian materi ini.

0 komentar:

Posting Komentar